Inilah 15 Pemenang Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMA Olympicad 2024

PWMU.CO –  Inilah 15 Pemenang Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMA Olympicad Ke-7 di Bandung diumumkan melalui Grup WhatsApp lomba sejak Jumat (8/3/2024) pagi. 

Penanggung jawab lomba Dr Bagus Nurul Iman MPd menyampaikan, “Bapak Ibu peserta inovasi pembelajaran yang kami hormati, karya Bapak Ibu sangat kreatif dan baik. Akan tetapi kami harus memillih karya terbaik.”

Ia lantas mengucapkan selamat bagi para pemenang lomba. “Kami memutuskan berdasarkan beberapa pertimbangan,” lanjutnya lalu menyebutkan tujuh pertimbangan. 

Pertama, orisinalitas karya yang ditampilkan. Kedua, tingkat kerumitan dan kreativitas karya. Ketiga, fleksibilitas karya. Keempat, dampak yang ditimbulkan seperti keaktifan siswa dan ketertarikan karya. 

Kelima, penulisan karya ilmiah yang disusun berdasarkan sistematika. “Kejelasan latar belakang yang diperkuat penelitian sebelumnya sehingga muncul noveltynya, rumusan masalah, state of the art, kejelasan metodologi, hasil penerapan, dan kesimpulan,” terangnya.

Keenam, penampilan saat presentasi karya. Ketujuh, demontrasi karya.

“Atas nama dewan juri yang bertugas, kami ucapkan selamat dan sukses. Mohon maaf apabila ada kesalahan. Sampai jumpa lain kesempatan,” imbuh Ketua Prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Muhammadiyah Cirebon itu.

Bagus mengumumkan ini dengan melampirkan Surat Keputusan Panitia Pelaksana Olympiade Ahmad Dahlan (Olympicad) Ke-7 Nomor 40/B/Pan.Olimpicad’24/II/2024. Surat itu bertanda tangan Ketua Panita Dr Dadang Syarifudin MA dan sekretarisnya, Dr Yudi Daryadi MAg. 

Emas

  1. SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, Validitas Media Ajar “Gosting” Berbasis Kontruktivisme Siber Gogi Genre, Risha Iffaturrahmah
  2. SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, Pengembangan Media Pembelajaran “Molipikop” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Fase F, Suwidiyanti
  3. SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Eco-Smart (Media Pembelajaran Ekonomi Dengan Metode Gallery Walk Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa, Ayu Perdana Sari
  4. MA Mu’allimin Muh Yogyakarta, Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Fisika Model Tuba Sharing, Arif Al Fatah
  5. SMA ABS Bandung, Manajemen Pembelajaran Fisika Menggunakan Quick Respone Code Game Terintegrasi Metaverse Dan Virtual Lab, Andri Suryana

Perak

  1. SMA Trensains Muhammadiyah Sragen, Pengembangan Buku Ajar Kimia Integrasi Al-Quran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Nurul Hidayati
  2. SMA Muhammadiyah 3 Jember, Kemampuan Menulis dan Analisis Kesalahan Kalimat Dalam Teks Biografi Siswa Kelas X, Indah Ita Utami
  3. SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar, Pembelajaran dengan Media Sosis Berby Sebagai Upaya Meningkatkan Komunikasi Siswa Pada Materi Hubungan Sosial, Dheby Pangestuningati
  4. SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik, Implementasi Media ‘Ktp’ Dalam Pembelajaran Sastra Indonesia SMA Muhammadiyah 10 GKBGresik, Yanita Intan Sariani
  5. SMA Muhammadiyah Rawa Tasikmalaya, Penggunaan Media Pembelajaran Mekar Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa, Neni Nur Archman.

Perunggu

  1. SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, Efektivitas Media Heart Board Terhadap Kemampuan Literasi Siswa, Naily Zahrotul Fitriyani
  2. SMA Muhammadiyah 4 Jakarta, Strategi Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik melalui Pembelajaran Kolaboratif Yang Menyenangkan Dengan Metode Galery Walk (Pameran Galeri Sosiologi), Tivanny Maudina Samudra
  3. SMA Muhammadiyah 6 Palembang, Penggunaan Media Interaktif Add-Ins Classoint Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah 6 Palembang, Syahrir Rozi
  4. SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik, Gamifikasi Kimia Sebagai Student Motivation Booster Pada Bab Stoikiometri Di Kelas XI SMA Muh 10 Gkb Gresik, Nanik Rahmawati Fuadah
  5. SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 10 Smamda Surabaya Dengan Wordwall Game Based Learning, Putri Nurmasita.  (*)

Penulis Sayyidah Nuriyah Editor Mohammad Nurfatoni

Exit mobile version