SDMM Kembali Terbitkan Buku Karya Siswa dan Game

Buku karya siswa SD Muhammadiyah Manyar Gresik (Istimewa/PWMU.CO)

PWMU.CO – Dalam momen purnawiyata XV dan wisuda tahfidz VI SD Muhammadiyah Manyar (SDMM) Gresik kembali terbitkan buku karya siswa dan game, Sabtu (22/06/2024)

Kali ini tujuh buku karya siswa mengusung tema “Merdeka Belajar”.

Buku-buku tersebut ditulis oleh siswa kelas I hingga kelas VI.

Dua buku berbahasa Inggris karya siswa kelas International Class Program dan lima buku berbahasa Indonesia karya siswa kelas II sampai VI.

Salah satu dosen magister pendidikan bahasa Inggris, program pascasarjana Universitas Muhammadiyah Gresik yang juga mengajar di Rajamangala University of Technology Krungthep, Thailand mengucapkan selamat atas terbitnya buku karya siswa tersebut.

“Be congratulation to you all, for the launching of story book by the students of SDM Manyar “, ungkapnya.

Ia menambahkan, story telling menjadi salah satu kemampuan pedagogik siswa.

Pedagogik sendiri begitu bermanfaat untuk melatih dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan moralitas siswa.

Tujuh Buku Karya Siswa SD Muhammadiyah Manyar

Judul buku karya siswa dengan bahasa Inggris

1. Kelas I, II, dan III: Itsy Bitsy Daisy

2. Kelas IV, V, dan VI: Super Duper Power

Judul buku karya siswa dengan bahasa Indonesia

1. Kelas II: Sang Gemas Sembaga (Generasi Emas Semut, Lebah, dan Gajah)

2. Kelas III: Jejak Petualangan si Jemmari

3. Kelas IV: Langkah Merdeka Empat Benua

4. Kelas V: Merapah Jejak Ancala

5. Kelas VI: Hexa Mahardhika Karya

Selain adanya penerbitan buku karya siswa, pada momen yang sama SDM Manyar juga perkenalkan game animasi buatan siswa kelas VI.

Game Buatan Siswa SUB JUDUL H4

Game buatan siswa kelas VI ini dijadikan sebagai syarat dan penilaian ujian praktik komputer.

Tampilan game animasi karya siswa SDMM Syahirah Nabilah VI AH Nasution (Istimewa/PWMU.CO)

Tema game yang dibuat bervariasi, seperti maze solving. Game yang ditampilkan dapat berupa animasi cerita ataupun game RPG (Role Playing Game).

Siswa kelas VI diberikan waktu lebih kurang selama seminggu sebelum pelaksanaan Ujian Praktik untuk membuat rancangan gamenya, dan bisa diselesaikan ketika pelaksanaan Ujian Praktik Komputer.

Shofan Hariyanto MPd pengajar komputer, berusaha memberikan kebebasan tema agar bisa melatih kepercayaan diri siswa dalam membuat sebuah karya.

“Hal ini saya harapkan bisa memotivasi siswa kelas VI untuk selalu berkarya dimanapun dan dalam hal apapun asalkan berhubungan dengan kebaikan,” ungkap laki-laki asal Lamongan itu.

Launching game animasi karya siswa kelas VI ini begitu mendapatkan apreasiasi dari Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Gresik Dra Ninik Asrukin MM.

 “Adanya kegiatan pembuatan game animasi ini menjadi salah bentuk belajar yang bisa memotivasi dan memacu siswa untuk memiliki sikap kreatif dan keterampilan dalam problem-solving,“ ungkapnya.

Kontributor Muhammad Ilham Yahya, Editor Zahra Putri Pratiwig

Exit mobile version