PWMU.CO-Pandemic Walker, sebuah game edukasi diciptakan mahasiswa UMSurabaya untuk relaksasi stres menghadapi wabah Corona.
Dua mahasiswa Eza Krismayanti, mahasiswa D3 Keperawatan dan Mochamad Risky Tri Yulianto dari Teknik Elektro membuat game edukasi itu untuk membangun narasi yang optimistis dan positif dengan cara yang menyenangkan. Melawan bosan agar betah dan tidak stres di rumah dan sarana edukasi tentang Covid-19.
Eza menceritakan, muncul ide membuat permainan ini setelah cemas dan bosan harus di rumah saat wabah. Apalagi membaca informasi tentang virus Corona yang simpang siur.
”Saat merasa stres karena harus di rumah tiba-tiba keluar ide membuat game sebagai penurun stres sebagai sarana masyarakat untuk belajar pencegahan virus Corona dengan cara yang menyenangkan,” ujar Eza
Eza lantas meminta temannya Mochamad Rizky Tri Yulianto, mahasiswa Teknik Elektro untuk membantu membuat programnya. Menurut Rizky, game ini bisa dimainkan oleh siapapun setelah download aplikasinya di Play Store.
Dijelaskan, game Pandemic Walker mengandung pesan pencegahan dan cara melindungi diri dari virus Corona. Permainannya, seseorang agar bebas kontaminasi serangan virus harus mencari jalan keluar dari kerumunan. Berjalan dengan tetap menjaga jarak. Lalu mencari masker, hand sanitizer dan tempat cuci tangan sebagai langkah pencegahan.
”Jika pemain sudah terkontaminasi virus, maka game berakhir dan mulai lagi sampai menemukan jalan keluar dengan badan tidak membawa virus Corona,” ujarnya.
Butuh Waktu Dua Pekan
Proses pembuat game Pandemic Walker, Eza Krismayanti dan Mochamad Risky Tri Yulianto dibimbing dosennya Lukman Hakim ST. Menurut Lukman, proses pembuatan game ini butuh dua pekan.
”Persiapan kami saat membuat game ini adalah buat alur cerita, menyiapkan materi di dalam game hingga outpun game yang diharapkan. Kami pun memberikan panduan pencegahan penularan virus Corona di game ini,” katanya.
Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni (BAKA) Junaidi Fery Efendi MPd sangat mengapresiasi produk inovasi mahasiswa berupa game edukasi ini. Menurutnya, game Pandemic Walker dapat menjadi sarana belajar masyarakat selama di rumah.
”Sudah ada beberapa inovasi yang diciptakan oleh mahasiswa UMSurabaya di tengah pandemi Corona ini, salah satunya game edukasi ini,” tutur Junaidi.
Ia menjelaskan, UMSurabaya mengajak mahasiswanya untuk terlibat dalam mencari solusi melalui produk inovasi. Ke depan, akan ada lagi inovasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas. (*)
Penulis Agus Pambudi Editor Sugeng Purwanto