Resep Menjadi Guru yang Menginspirasi, liputan kontributor PWMU.CO Gresik Ichwan Arif
PWMU.CO – Resep menjadi guru yang menginspirasi adalah melalui pembelajaran yang menyenangan disampaikan Dosen Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) Rizky Noviasri SSn MDs dalam Workshop Pengembangan Pendidikan bertema Fun Learning in Digital Era, Jumat (30/12/22).
Dalam kegiatan yang diselenggarakan Tim Sinergi Pengembangan Pendidikan Majelis Dikdasmen Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) GKB Gresik, Jawa Timur ini dia menyampaikan mengapa menyenangkan? Dengan menyenangkan kita bisa mengubah perilaku siswa lebih baik.
“Ini sesuai dengan The Fun Theory yang disampaikan Volkswagen orang Swedia tahun 2009. Teori ini dan mulai mensponsori proyek yang secara positif akan mendorong orang untuk melakukan tindakan yang awalnya tidak menyenangkan menjadi menyenangkan,” katanya di hadapan di hadapan 90 guru SMP Muhammadiyah 12 (Spemdalas) GKB Gresik dan SMA Muhammadiyah 10 (Smamio) GKB Gresik.
Kiki, sapaan akrabnya, memaparkan dengan modal pembelajaran yang menyenangkan ini, guru bisa membangun interaksi aktif dan memberikan pengalaman yang menyenangkan pada siswa.
Empat Resep
Kiki menjelaskan resep pertama yang bisa dilakukan guru supaya bisa menginspirasi siswa adalah membuat kelas eksperimen. Kelas ini bisa difungsikan untuk menciptakan atmosfer dalam memotivasi siswa untuk mengembangkan diri.
“Ini bisa dipraktikan pada semua mata pelajaran. Siswa diajak melakukan aktivitas. Contohnya dalam pelajaran bahasa Indonesia, siswa bisa membuat poster, iklan. Bisa secara manual maupun melalui desain grafis,” katanya.
Kedua, guru juga bisa membuat slide Powerpoint materi pembelajaran yang didesain indah. Jangan sampai PPT yang dibuat guru itu penuh dengan tulisan yang bisa membuat siswa tidak betah berlama-lama di depan slide tersebut.
“Guru harus bisa membuat slide yang good looking, yang enak dilihat,” tuturnya.
Ketiga, guru bisa memanfaatkan media sosial, mulai Instagram, Whatsapp, Discord, YouTube, maupun Google Classroom. Media-media ini bisa membantu guru dalam proses belajar. Dalam pembelajaran guru bisa memodifikasi pembelajaran game melalui pencarian harta karum, di mana siswa bisa mencari kata kunci yang disembunyikan.
“Melalui permainan harta karun ini, guru bisa mepandu melalui media sosial proses belajar siswa. Kapan mencarinya, sudah menemukan atau belum, sampai siswa melaporkan ketika menemukan kata kunci,” ucapnya.
Setelah menemukan kata kunci dalam permainan tersebut, baru guru bisa merangkai dengan konten dari pembelajaran yang diinginkan sesuai dengan tujuan belajar.
Keempat, membuat media belajar berupa film dan komik. Kalau tidak ada film yang sesuai dengan tujuan belajar, guru harus kreatif dalam mencipta film itu sendiri. Di sinilah kreativitas dan inovasi guru yang dituntut sehingga bisa memberikan pengalaman belajar.
“Bisa juga melalui media komik, sehingga visualisasi gambar itu bisa membuat siswa semangat dalam belajar,” terangnya.
Dengan resep ini, siswa akan memiliki ketertarikan dan pengalaman yang berbeda sehingga guru tersebut terus diingat ketika dia sudah melanjutkan ke jenjang SMA maupun perguruan tinggi nantinya. (*)
Editor Mohammad Nurfatoni.