Game di Luar Nalar Hasil Ujian Praktik Komputer Siswa SDMM; Liputan Zaki Abdul Wahid
PWMU.CO – Ujian Praktik (Uprak) Kelas VI SD Muhammadiyah Manyar (SDMM) Gresik dengan Mata Pelajaran Komputer dilakukan di Gedung Baru SDMM Jalan Martapura Lantai 3, Selasa (21/3/2023).
Secara bergantian 82 siswa siswi melaksanakan ujian. Kelas VI Siti Bariyah melaksanakannya di sesi pertama. Mereka diminta untuk menyelesaikan tugas project coding dengan Scratch Dekstop, seri PC dari situsnya yang beralamatkan scratch.mit.edu.
Shofan Hariyanto MPd, Penanggung Jawab Laboratorium Komputer SDMM mengungkapkan tema yang diusung dalam Uprak Komputer. “Mereka disuruh untuk menyelesaikan tugas pilihan antara coding game, coding animasi, atau coding cerita dialog atau kartun,” ujarnya.
Lulusan Master Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) ini meminta siswa dalam sepekan untuk merancang project-nya sebelum hari-H. “Di hari Uprak ini mereka diminta untuk finishing dan penilaian oleh tiga guru komputer,”.
“Hasilnya diambil rata-rata penilaian dari tiga guru komputer,” katanya.
Banyak karya menarik yang dihasilkan oleh siswa-siswi dari kelas VI Siti Bariyah. Guru Kompter Nur Wahyu Mahdian SKom mengatakan ada karya kreatif dan di luar nalar. Yaitu karya Danang Aryo Pamungkas berjudul Minggir, Ambulans Mau Lewat.
“Itu bercerita tentang anjuran saat ada ambulans lewat maka harus diberi jalan demi keselamatan yang ada di dalam ambulans,” ujarnya.
Menurut Wahyu game-nya menarik di mana ada mobil yang bergerak secara horizontal dan di dapannya banyak mobil dan orang. “Ketika kita tekan spasi maka setiap orang dan mobil yang terkena gelombang sirine akan minggir. Kalau ketabrak rintangannya maka score-nya berkurang,” terangnya.
Karya menarik lainnya adalah ‘Zombie’ buatan Ahmad Abyan Al Faraby dari Kelas VI Siti Hayyinah. Dia menciptakan jagoan yang bersenjata, tugasnya adalah menumpaskan Zombie yang mengerumuninya.
“Menariknya adalah sistem navigasi yang menggunakan keyboard dan mouse di waktu yang bersamaan, untuk bergerak sekaligus menembak,” ujar Lulusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Gresik.
Sedangkan dari Kelas VI Siti Walidah, karya paling memukau berjudul Mencari Harta Karun karya Rahma Mutiara Pertiwi. Dia membuat animasi anak petani yang pergi ke sawah dan mencari berlian di tumpukan jerami. Tumpukan jerami pun dibentuk seperti puzzle yang harus melihatnya dengan jeli dari perbedaan warna. Jerami yang berwarna beda bertanda letak berlian itu berada. (*)
Editor Mohammad Nurfatoni