Senangnya Siswa SDMM Menerima ‘THR’, liputan kontributor PWMU.CO Gresik Ajeng Putri Dwi Rohma
PWMU.CO – Siswa SD Muhammadiyah Manyar (SDMM) Gresik, Jawa Timur mengikuti game Teka-teki Harian Ramadhan (THR) dalam mengisi pembelajaran fakultatif, Senin-Selasa (10-18/4/2023).
Guru Kelas III Demak Askiyatin SPd menjelaskan acara ini berisikan tentang seputar Ramadhan, mulai dari berbagai game, mendengarkan tausiyah, amalan-alaman di bulan puasa, serta berbagai kegiatan lainnya sesuai dengan jenjangnya.
“Pada kegiatan game THR di kelas III ini berisikan pertanyaan mendatar dan menurun yang dibagikan ke siswa yang terbentuk menjadi 2 siswa menjadi 1 kelompok. Kegiatan ini dilakukan di kelas III masing-masing dengan materi game yang sama,” ujarnya.
Siswa kelas III Demak Masha Zafira Ahnafi Rizqi mengaku senang dengan model game yang diberikan guru di sekolah dalam mengisi Ramadhan ini.
“Asik juga ya us mengisi ini. Aku sambil bermain dan belajar,” ujarnya dengan raut wajah yang serius dan bahagia.
Game Menyusun Ayat
Rizqi Rahman menjelaskan setelah game THR, siswa mengikuti permainan menyusun ayat. Siswa kelas III Demak terdiri dari 28 siswa dibagi menjadi 4 kelompok.
“Masing-masing kelompok mendapatkan amplop misteri yang di dalamnya terdapat beberapa potongan ayat yang harus disusun,” katanya.
Askiyatin menuturkan Surat yang disusun adalah Surat al-Lail, al- Ghasyiyah, al-A’la, dan al-Balad. Surat tersebut tidak asing bagi mereka.
“Surat-surat tersebut dilantunkan siswa setiap harinya,“ ungkapnya.
Dia menyampaikan, setelah kelompok berhasil menyusun potongan ayat tersebut sehingga menjadi sebuah surat, mereka melanjutkan misi untuk membacakan surat tersebut.
“Game ini mudah ustazah, karena ini makananku sehari-hari sebelum pembelajaran dimulai,” kata salah satu anggota kelompok 2 Ahmad Fairuz.
Tebak Gambar
Ketua Jenjang kelas III Siti Mariyanti SPd mengatakan setelah mengikuti game menyusun ayat, siswa melakukan permainan tebak gambar. Tersedia dua gambar yang berbeda dan potongan kata yang harus mereka susun sesuai gambar yang tersedia.
“Kegiatan ini dikemas dengan menarik sehingga seluruh siswa menikmati game yang diberikan,” katanya.
Tujuan dari kegiatan ini, sambungnya, untuk menanamkan pemahaman untuk memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan sehingga bisa meningkatkan iman dan taqwa serta mendekatkan diri kepada Allah SWT. (*)
Co-Editor Ichwan Arif. Editor Mohammad Nurfatoni.