3. Satu Surat untuk Dua Raka’at
Satu surat al-Qur’an dapat dibaca untuk dua atau beberapa raka’at. Yakni dengan membaginya menjadi dua atau menjadi beberapa rukuk. Biasanya secara tematik, surat yang ayatnya banyak dikelompokkan pada batas-batas rukuk.
Hadits Jabir bin Samurah:
كَانَ يَقْرَأُ الْوَاقِعَةَ وَ نَحْوَهَا مِنَ السُّوَرِ فِى الرَّكْعَتَيْنِ
Nabi saw membaca surat al-Waqi’ah dan surat lain yang sejenis untuk pelaksanaan dua rakaat. HR. Hakim, Ahmad dan Ibn Khuzaimah. Hadits ini dinilai sah oleh Hakim dan disepakati oleh Dzahabi. (Periksa Husain Audah al-Awayisah, Mausu’ah Fiqhiyah Muyassarah: 2/36.
4. Penggabungan Beberapa Surat untuk Satu Raka’at
Boleh juga dua macam surat al-Qur’an atau lebih digabungkan untuk pelaksanaan satu raka’at.
Hadits Abdullah bin Mas’ud
وَعَنْ أَبِي وَائِلٍ قَالَ: (غَدَوْنَا عَلَى عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُودٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ يَوْمًا بَعْدَ مَا صَلَّيْنَا الْغَدَاةَ, فَسَلَّمْنَا بِالْبَابِ, فَأَذِنَ لَنَا,قَالَ: فَمَكَثْنَا بِالْبَابِ هُنَيَّةً, قَالَ: فَخَرَجَتْ الْجَارِيَةُ فَقَالَتْ: أَلَا تَدْخُلُونَ؟ فَدَخَلْنَا, فَإِذَا هُوَ جَالِسٌ يُسَبِّحُ, فَقَالَ: مَا مَنَعَكُمْ أَنْ تَدْخُلُوا وَقَدْ أُذِنَ لَكُمْ؟ فَقُلْنَا: لَا, إِلَّا أَنَّا ظَنَنَّا أَنَّ بَعْضَ أَهْلِ الْبَيْتِ نَائِمٌ, قَالَ: ظَنَنْتُمْ بِآلِ ابْنِ أُمِّ عَبْدٍ غَفْلَةً؟ قَالَ: ثُمَّ أَقْبَلَ يُسَبِّحُ حَتَّى ظَنَّ أَنَّ الشَّمْسَ قَدْ طَلَعَتْ, فَقَالَ: يَا جَارِيَةُ انْظُرِي هَلْ طَلَعَتْ؟ قَالَ: فَنَظَرَتْ فَإِذَا هِيَ لَمْ تَطْلُعْ, فَأَقْبَلَ يُسَبِّحُ حَتَّى إِذَا ظَنَّ أَنَّ الشَّمْسَ قَدْ طَلَعَتْ قَالَ: يَا جَارِيَةُ انْظُرِي هَلْ طَلَعَتْ؟ فَنَظَرَتْ فَإِذَا هِيَ قَدْ طَلَعَتْ, فَقَالَ: الْحَمْدُ للهِ الَّذِي أَقَالَنَا يَوْمَنَا هَذَا, وَلَمْ يُهْلِكْنَا بِذُنُوبِنَا, فَقَالَ رَجُلٌ مِنْ الْقَوْمِ:) (يَا أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ, كَيْفَ تَقْرَأُ هَذَا الْحَرْفَ؟ أَلِفًا تَجِدُهُ أَمْ يَاءً؟ {مِنْ مَاءٍ غَيْرِ آسِنٍ} أَوْ {مِنْ مَاءٍ غَيْرِ يَاسِنٍ}, فَقَالَ عَبْدُ اللهِ: وَكُلَّ الْقُرْآنِ قَدْ) (قَرَأتَ غَيْرَ هَذَا الْحَرْفِ؟ قَالَ: نَعَمْ) (إِنِّي لَأَقْرَأُ الْمُفَصَّلَ فِي رَكْعَةٍ) (فَقَالَ عَبْدُ اللهِ: هَذًّا كَهَذِّ الشِّعْرِ, إِنَّ أَقْوَامًا يَقْرَءُونَ الْقُرْآنَ) (يَنْثُرُونَهُ نَثْرَ الدَّقَلِ, لَا يُجَاوِزُ تَرَاقِيَهُمْ) (وَلَكِنْ إِذَا وَقَعَ فِي الْقَلْبِ فَرَسَخَ فِيهِ, نَفَعَ, إِنَّ أَفْضَلَ الصَّلَاةِ الرُّكُوعُ وَالسُّجُودُ) (إِنَّا لَقَدْ سَمِعْنَا الْقَرَائِنَ, وَإِنِّي لَأَحْفَظُ الْقَرَائِنَ الَّتِي كَانَ) (رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرُنُ بَيْنَهُنَّ) (اثْنَتَيْنِ فِي رَكْعَةٍ, عِشْرِينَ سُورَةً فِي عَشْرِ رَكَعَاتٍ) (ثُمَّ قَامَ فَدَخَلَ) (فَجَاءَ عَلْقَمَةُ لِيَدْخُلَ عَلَيْهِ فَقُلْنَا لَهُ: سَلْهُ عَنْ النَّظَائِرِ الَّتِي كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ بِهَا فِي رَكْعَةٍ, فَدَخَلَ عَلَيْهِ فَسَأَلَهُ ثُمَّ خَرَجَ عَلَيْنَا فَقَالَ: عِشْرُونَ سُورَةً) (مِنْ أَوَّلِ الْمُفَصَّلِ عَلَى تَألِيفِ ابْنِ مَسْعُودٍ, آخِرُهُنَّ الْحَوَامِيمُ {حم الدُّخَانِ}, وَ {عَمَّ يَتَسَاءَلُونَ}) (وَكَانَ أَوَّلُ مُفَصَّلِ ابْنِ مَسْعُودٍ {الرَّحْمَنُ}) وَفِي رِوَايَةٍ: (ثَمَانِيَةَ عَشَرَ مِنْ الْمُفَصَّلِ, وَسُورَتَيْنِ مِنْ آلِ {حم}) وَفِي رِوَايَةٍ: ( لَكِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقْرَأُ النَّظَائِرَ, السُّورَتَيْنِ فِي رَكْعَةٍ: {النَّجْمِ} وَ {الرَّحْمَنُ} فِي رَكْعَةٍ، و {اقْتَرَبَتْ} و {الْحَاقَّةُ} فِي رَكْعَةٍ، وَ {الطُّورَ} وَ {الذَّارِيَاتِ} فِي رَكْعَةٍ، و {إِذَا وَقَعَتْ} وَ {نُون} فِي رَكْعَةٍ، وَ {سَأَلَ سَائِلٌ} وَ {النَّازِعَاتِ} فِي رَكْعَةٍ، وَ {وَيْلٌ لِلْمُطَفِّفِينَ}، وَ {عَبَسَ} فِي رَكْعَةٍ، وَ {الْمُدَّثِّرُ} وَ {الْمُزَّمِّلُ} فِي رَكْعَةٍ، وَ {هَلْ أَتَى} وَ {لَا أُقْسِمُ بِيَوْمِ الْقِيَامَةِ} فِي رَكْعَةٍ، وَ {عَمَّ يَتَسَاءَلُونَ} وَ {الْمُرْسَلاتِ} فِي رَكْعَةٍ، وَ {الدُّخَانَ} وَ {إِذَا الشَّمْسُ كُوِّرَتْ} فِي رَكْعَةٍ)
Abu Wail berkata: (Pada suatu hari kami pergi menuju ke rumah Abdullah bin Mas’ud. Yakni setelah shalat Subuh. Kami ucapkan salam di pintu, dan kami pun diberi izin. Kami berhenti sejenak di pintu. Lalu seorang pembantunya berkata: Tidakkah kalian masuk? Lalu kami pun masuk. Ternyata Ibnu Mas’ud sedang shalat sunah dengan duduk. Ia berkata: Apa yang menghalangi kalian sehingga tidak masuk, padahal kalian telah diberi izin? Kami menjawab: Kami hanya mengira penghuninya masih tidur. Apakah kalian mengira keluarga putra Umi Abdullah lupa shalat? Lalu ia pun hendak shalat sunah dan mengira matahari telah terbit. Ia bertanya: Wahai pembantuku, lihatlah, apakah matahari telah terbit? Ia pun melihat dan ternyata matahari belum terbit. Ia pun hendak shalat sunah dan mengira matahari telah terbit. Ia berkata: Wahai pembantuku, apakah matahari telah terbit? Ia pun melihat dan ternyata matahari masih belum terbit juga. Kemudian ia hendak shalat sunah dan mengira matahari telah terbit. Ia berkata: Wahai pembantuku, apakah matahari telah terbit? Ia pun melihat dan ternyata matahari telah terbit.
Lalu Ibnu Mas’ud berkata: Alhamdulillah yang masih memberi kehidupan di hari ini, dan Dia belum mematikan lantaran dosa kami. Lalu seseorang bertanya) (Wahai Abu Abdurrahman. Bagaimana anda membaca huruf ini, pakai alif atau ya’? (firman-Nya min main ghaira asin) (atau min main ghaira yasin). (Abdullah baik bertanya: Apakah setiap ayat) (anda baca selain huruf itu? Ia menjaban: Benar) (sesungguhnya aku telah membaca surat mufashal pada setiap rakaat) (Abdullah berkata: Secepat itu, seperti bacaan sair. Sesungguhnya ada kaum yang membaca Al-Qur’an) (bersajak yang sangat lemah, tidak sampai ke tenggorakannya) (Jika bacaannya sampai ke hati dan meresap padanya tentu akan bermanfaat.
Sesungguhnya yang terutama dalam shalat adalah posisi ruku’ dan sujud) (Kami telah mendengar rangkaian al-Qur’an yang) (pernah dilakukan Nabi) (dua surat untuk satu rakaat, dan dua puluh surat untuk sepuluh rakaat) (Lalu ia bangkit) (Tiba-tiba Alqamah hadir dan kami berkata padanya: Coba tanyakan tentang surat-surat yang digabung Nabi dalam satu rakaat). Ia pun menanyakannya lalu ia keluar dan berkata pada kami: Dua puluh surat) (dari awal surat-surat mufashal sesuai dengan rincian Ibnu Mas’ud. Yakni al-Rahman. Dalam riwayat lain: (delapan belas surat, dan dua surat dari Alif lam mim, ha’ mim.
Dalam riwayat lain: (Nabi saw. membaca dua surat yang setema. Yaitu al-Najm dan al-Rahman dalam satu rakaat, iqtarabat dan haqah dalam satu rakaat, al-Thur dan al-Dzariyat dalam satu rakaat, idza waqaat dan nun dalam satu rakaat, saala sailun dan al-Naziat dalam satu rakaat, wailul lil muthaffifin dan abasa dalam satu rakaat, al-Muddattsir dan al-Muzammil dalam satu rakaat, hal ata dan la uqsimu bi yaumil qiyamah dalam satu rakaat, amma yatasaalun dan al-Mursalat dalam satu rakaat, al-Dukhan dan idzas syamsu kuwwirat dalam satu rakaat.
(HR Bukhari: 742, 4710, 4756; Muslim: 822; Abu Dawud: 1396; Tirmidzi: 602; Nasai: 1004, 1005, 1006; Ahmad: 3607, 3910, 3968, 3999)
Hadits Aisyah
وَعَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ شَقِيقٍ قَالَ: قُلْتُ لِعَائِشَةَ: هَلْ كَانَ رَسُول اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: يَقْرِنُ بَيْنَ السُّورَتَيْنِ؟، قَالَتْ: مِنْ الْمُفَصَّلِ
Abdullah bin Syaqiq berkata: Aku bertanya Aisyah, apakah Nabi saw. pernah menggabungkan dua surat? Ia menjawab: Ya, yaitu dari surat-surat mufashal.
(HR Hakim: 976; Abu Dawud: 1292; Ahmad: 25728; Abu Dawud Thayalisi dalam Musnad: 1555)
Hadits Ibnu Umar
وَعَنْ نَافِعٌ قَالَ: رُبَّمَا أَمَّنَا ابْنُ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا بِالسُّورَتَيْنِ وَالثَّلَاثِ فِي الْفَرِيضَةِ.
Nafi’ berkata: Kadang Ibnu Umar mengimami kami dengan membaca dua atau tiga surat dalam shalat fardhu.
(HR Malik: 174; Ahmad: 4610; Baihaqi: 2310; Abdurrazaq dalam Mushanaf: 2847)
Hadits Umar bin Khatthab
عَنْ الْأَعْرَجِ قَالَ: قَرَأَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ بِـ {النَّجْمِ إِذَا هَوَى}, فَسَجَدَ فِيهَا, ثُمَّ قَامَ فَقَرَأَ بِسُورَةٍ أُخْرَى
A’raj berkata: Umar bin Khatthab membaca surat al-Najm. Lalu ia sujud tilawah. Lalu ia bangkit dan membaca surat lainnya.
(HR Malik: 483; Baihaqi: 2294; Ibnu Abi Syaibah dalam Mushanaf: 4393).
Hadits Ibnu Umar
وَعَنْ نَافِعٍ قال: كَانَ ابْنُ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا يَقْرَأُ فِي الصُّبْحِ فِي السَّفَرِ بِالْعَشْرِ السُّوَرِ الْأُوَلِ مِنْ الْمُفَصَّلِ, فِي كُلِّ رَكْعَةٍ بِأُمِّ الْقُرْآنِ وَسُورَةٍ
Nafi’ berkata: Sewaktu shalat Subuh di perjalanan, Ibnu Umar membaca sepuluh surat dari awal surat-surat mufashal, setiap rakaatnya membaca surat al-Fatihah dan beberapa surat.
(HR Malik: 185; Ibnu Abi Syaibah: 3694)
Baca sambungan di halaman 2: Satu Surat untuk Dua Raka’at