PWMU.CO – Silaturahim Antar Teman (Siraman) serentak dilakukan murid kelas 5 SD Muhammadiyah Manyar (SDMM) Gresik, Sabtu (3/2/2024) lalu.
Kelas 5 ada tiga kelas. Kelas Jabal Uhud di rumah Rania Pusparianti Fikri di PPI. Kelas Jabal Nur di rumah Muhammad Rakha Al Fayyadh Salim di Jl. Veteran. Kelas Jabal Tsur di rumah Graniasha Nadhif Zafarani di GKB.
Acaranya pengajian mulai pukul 08.00. Kegiatannya dikemas sendiri oleh siswa. Mulai pembawa acara, mengaji, kultum, kemasan game, dan doa penutup. Guru hadir sebagai fasilitator.
Khusus kelas International Class Program (ICP) SDMM acara harus dibawakan dalam bahasa Inggris dari pembukaan sampai penutupan.
Siswa Muhammad Alvin Indarto mengatakan,kegiatan silaturahim ini ditunggu karena ingin tahu rumah teman. ”Sekaligus kumpul-kumpul menikmati hidangan bersama teman,” katanya.
Suasana Silaturahim Antar Teman di kelas Jabal Tsur dan Jabal Nur sangat gayeng. Membuka acara dengan mengaji Quran bersama membaca surat al-Bayyinah.
Dilanjutkan oleh siswa membahas keutamaan mempelajari al-Quran.
Game Seru
Setelah itu bermain dua game. Pertama judulnya traffic light. Cara bermainnya saat diucapkan merah maka pemain harus menjadi patung. Berhenti.
Ketika diucapkan hijau pemain harus bergerak ke depan menuju garis finish. Pemain yang tercepat mencapai garis finish menjadi pemenang.
Permainan kedua judulnya Telepati. Anak-anak dibagi menjadi empat kelompok. Masing-masing kelompok ditutup matanya.
Saat host memberikan instruksi, misal bersepeda, maka semua anggota kelompok harus memeragakan menggenjot sepeda dengan gerakan yang sama. Jika ada yang tidak sama gerakannya harus keluar dari kelompok.
Kelompok yang anggotanya masih banyak menjadi pemenang.
Suasana Silaturahim Antar Teman di kelas Jabal Uhud mengaji surah asy-Syams. Kultum mengulas tentang persahabatan.
Ada permainan game juga. Pertama, menebak gambar. Kedua, ambil dengan cepat.
Penanggung jawab permainan tebak gambar memperlihatkan beberapa gambar kepada siswa yang dibagi menjadi lima kelompok.
Anggota kelompok menebak gambar satu per satu berdasarkan nomor orang. Yang tercepat menebak dengan benar mendapat satu bintang. Hal itu terjadi berulang kali hingga akhir gambar. Kelompok yang banyak bintang jadi pemenang.
Game ambil dengan cepat setiap kelompok mengirimkan satu anggota untuk berkumpul membentuk lingkaran. Ada satu permen di tengah lingkaran.
Penanggung jawab permainan menyebutkan beberapa kata yang berhubungan dengan bagian tubuh. Peserta langsung memegang bagian tubuh yang disebut.
Ketika fokus mendengar kata tiba-tiba disebut ”ambil” maka peserta harus langsung mengambil permen tersebut. Yang tercepat dapat permen adalah pemenangnya dan mendapat 1 bintang. Kelompok yang banyak mendapat bintang sebagai pemenang.
Penulis Rudi Purnawan Editor Sugeng Purwanto