Gadget: Negatif Vs Positif
Di Aula Berlian School, Thoha memaparkan beberapa dampak positif dan negatif ketika anak bermain gadget. “Yaitu memiliki kemampuan motorik yang lebih baik, mengalihkan perhatian dari permainan yang memiliki risiko terlukai, dan dapat membangun rasa kompetitif pada diri kalian,” tutur Thoha.
Tak hanya rasa kompetitif, lanjutnya, kemampuan kognitif juga bisa meningkat dengan aplikasi yang kreatif dan edukatif, juga video game dengan progam edukasi.
Kemudian, dia memaparkan efek negatifnya. Salah satunya menghambat perkembangan bahasa dan bicara. “Berkurangnya atensi (perhatian) akan membuat masalah dalam belajar, meningkatkan emosional dengan menunjukkan kemarahan dan akan terlihat depresi saat kalian tidak bisa online,” tambahnya.
”Bagi kalian yang sering bermain gadget, maka konsentrasi kalian akan berkurang dan gelisah, tidak akan mampu berpikir lama karena konsentrasi kalian akan terpengaruh oleh gadget!” jelas Thoha.
Selain itu, dia mengatakan gadget bisa mengurasi rasa peduli dengan lingkungan. “Karena waktu kalian akan habis dengan cepat saat kalian asik menggunakan gadget atau bisa disebut dengan lupa waktu,” terang dia.
Bahaya Gadget
Ia juga memaparkan beberapa bahaya kecanduan gadget. “di antaranya sulit berkonsentrasi, gangguan penglihatan, dan juga radiasi otak,” ucapnya. “Anak-anak juga bisa terpapar situs-situs yang seharusnya belum pantas untuk dilihat anak-anak,” lanjutnya.
Antusiasme anak-anak terlihat hingga akhir acara. Ketika Thoha meminta para siswa membaca slide terakhir, mereka semangat meneriakkan, “Yuk, batasi bermain gadget!”
Tak lupa, Thoha memberi wejangan, “Semakin cerdas baik dalam menggunakan gadget, bersosial, belajar, menggunakan waktu dan cerdas dalam akhlak, maka akan semakin bermanfaat!” (*)
Editor Mohammad Nurfatoni