PWMU.CO – Dalam upaya mendukung pembelajaran anak usia dini, PMM Kelompok 73 Gelombang 9 mempersembahkan inovasi baru berupa game edukasi bernama GAKUI, Rabu (21/8/2024).
Game berbasis kuis ini dirancang khusus untuk siswa TK dan KB Siti Hajar, dengan tujuan meningkatkan keterampilan kognitif dan motorik melalui aktivitas interaktif yang menyenangkan.
Selain itu juga, kegiatan ini bertujuan untuk mengaplikasikan Hilirisasi Hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).
Pendidikan anak usia dini merupakan fondasi penting dalam perkembangan anak. Menyadari hal ini, PMM Kelompok 73 Gelombang 9 terdiri dari Mohammad Wijdan Arrosyid, Naufal Akmal Rosaidi, Rendra Arrizqi Ramadhan, Amma Rofi’unnajah MH, dan Lutfi Indra Nur Praditya, di bawah bimbingan dosen pembimbing lapangan, Aulia Indira Kumalasari ST MT.
Mereka tergerak untuk menciptakan metode pembelajaran yang tidak hanya mendidik tetapi juga menarik dan menyenangkan bagi anak-anak.
Hasilnya adalah GAKUI, sebuah game edukasi yang terdiri dari berbagai mini-game yang dirancang sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak usia dini.
Fitur Utama GAKUI
GAKUI adalah sebuah permainan edukatif yang menggabungkan berbagai jenis kuis untuk membantu anak-anak belajar sambil bermain.
Game ini memiliki beberapa fitur utama yang dirancang khusus untuk mengembangkan keterampilan dasar anak-anak dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.
Salah satu fiturnya adalah Game Mengeja, di mana anak-anak diajak mengenal huruf dan kata melalui kegiatan menyusun huruf menjadi kata yang benar. Fitur ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dasar anak-anak sejak dini.
Selain itu, terdapat juga Game Menghitung, di mana anak-anak dapat belajar berhitung dengan cara yang menyenangkan.
Dalam permainan ini, anak-anak diminta menghitung jumlah objek yang muncul di layar dan memilih jawaban yang benar, yang membantu mereka memahami konsep dasar matematika.
Fitur lain yang menarik adalah Tebak Badan, yang dirancang untuk mengenalkan anak pada bagian-bagian tubuh.
Dalam permainan ini, anak-anak ditantang untuk menebak bagian tubuh yang ditunjukkan melalui gambar atau animasi, yang dapat membantu mereka mengenal anatomi dasar manusia.
Tidak ketinggalan, ada juga Tebak Suara, di mana anak-anak belajar mengenali berbagai suara, seperti suara hewan, alat musik, atau benda sehari-hari, dan kemudian harus mengidentifikasinya.
Melalui permainan ini, anak-anak diajak untuk meningkatkan kemampuan pendengaran dan mengenali berbagai suara di lingkungan sekitar mereka.
Keunggulan GAKUI sebagai Alat Pembelajaran
Keunggulan utama GAKUI sebagai alat pembelajaran terletak pada pendekatan yang menyenangkan dan interaktif.
Game ini dirancang untuk membuat anak-anak lebih antusias dalam belajar, karena menggabungkan elemen permainan dengan pendidikan, sehingga proses belajar menjadi lebih menarik dan tidak membosankan.
Selain itu, GAKUI juga berperan dalam meningkatkan keterampilan kognitif anak-anak. Melalui berbagai jenis kuis yang disajikan, anak-anak dapat mengasah kemampuan berpikir logis, memori, dan perhatian terhadap detail.
Dengan memperkenalkan teknologi dalam pembelajaran, GAKUI membantu anak-anak menjadi lebih familiar dengan perangkat digital sejak dini, yang akan menjadi bagian penting dalam kehidupan mereka di masa depan.
Dampak dan Respon Positif
Sejak diperkenalkan di TK dan KB Siti Hajar, GAKUI mendapat sambutan hangat dari para guru dan orang tua. Mereka melihat peningkatan minat belajar anak-anak, serta perkembangan positif dalam kemampuan kognitif mereka.
Salah satu guru di TK Siti Hajar mengungkapkan, “Anak-anak terlihat sangat antusias setiap kali bermain GAKUI. Mereka belajar banyak hal baru tanpa merasa terbebani, dan ini sangat membantu dalam proses pembelajaran di kelas,”.
Ketua PMM Kelompok 73 Gelombang 9 menyatakan, “Kami berharap GAKUI bisa menjadi alat bantu yang efektif dalam pembelajaran anak-anak di TK dan KB. Kami juga berencana untuk terus mengembangkan fitur-fitur baru dalam game ini agar dapat digunakan oleh lebih banyak anak di berbagai lembaga pendidikan,”.
GAKUI adalah langkah maju dalam menghadirkan metode pembelajaran yang inovatif untuk anak-anak. Dengan game edukasi ini, diharapkan pembelajaran di TK dan KB Siti Hajar menjadi lebih efektif, menyenangkan, dan memberikan dampak positif yang signifikan bagi perkembangan anak-anak.
PMM Kelompok 73 Gelombang 9 bangga bisa menjadi bagian dari upaya ini dan berharap kontribusi mereka dapat bermanfaat untuk pendidikan anak-anak di masa depan.
Penulis Dicresa PMM73 Editor Zahra Putri Pratiwig