PWMU.CO – Haedar Nashir soal Korelasi Puasa dan Empat Gawat Indonesia. Menurut dia, puasa membentuk pribadi takwa—sebagaimana tujuan puasa dalam surat al-Baqarah 183—tidak sekali jadi.
“Maka setiap tahun berpuasa menurut ulama sebagai ‘olah jiwa tahunan’ yang harus membentuk kita semakin baik, semakin bertakwa,” tuturnya.
Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof Haedar Nashir menyampakan hal iu dalam Pengajian Ramadhan 1442 H yang diselenggarakan oleh MCCC bekerja sama dengan Lazismu dan ditayangkan secara langsung melalui tvMu, Selasa (13/4/2021).
Ini adalah pengajian pembuka rangkaian semarak Ramadhan 1442 H oleh Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) PP Muhammadiyah yang tahun ini mengambil tema Ramadhan Aman dan Sehat.
“Saya mencoba meletakkan puasa sebagai kanopi, sebagai teras rohani kita agar dengan ketaqwaan yang terus kita bangun itu, melahirkan diri kita yang semakin bersih, suci lahir dan batin dalam makna bahwa puasa adalah proses revolusi rohani,” kata Haedar Nashir.
Puasa yang bisa membentuk kanopi diri menjadi insan yang bersih lahir batin menurut Haedar Nashir adalah puasa yang terintegrasi bukan hanya menahan diri dari makan minum dan pemenuhan kebutuhan biologis, tapi juga menjadikan diri menjadi orang yang punya kemampuan memelihara, merawat, dan menjaga.
“Dalam konteks ini, maka puasanya sendiri itu pertama harus menjadi puasa lahir dan batin. Yang kedua puasa itu satu rangkaian dengan ibadah yang lain seperti qiyamul lail. Yang ketiga puasa kita itu terkait dengan kegiatan yang selalu disunnahkan oleh Rasulullah SAW yaitu terus mencari ilmu, membaca al-Quran dan mengimplementasikannya dalam kehidupan. Yang keempat di bulan Ramadhan kita juga diajari untuk terus beramal shaleh termasuk bershadaqah,” terangnya.
Puasa dan Empat Gawat Indonesia
Selanjutnya Haedar Nashir mengatakan setiap tahun kita berpuasa tidak cukup hanya sebagai ritual individual. Tetapi puasa harus memancarkan diri kita yang menjadi uswah hasanah (teladan yang baik) dalam kehidupan.
“Ketika puasa diproyeksikan laallakum tattaqun (agar kamu menjadi orang yang bertakwa), bagaimana sifat takwa itu kita praktikkan. Contoh apakah setelah puasa kita menjadi orang yang semakin dermawan, yang kedua apakah kita menjadi orang yang sabar tidak pemarah, kemudian pemaaf terhadap orang,” jelasnya.
Lalu bagaimana dampaknya dalam kehidupan? Apakah puasa itu dan segala macam ibadah itu berdampak pada kesalehan sosial kita? Haedar Nashir mengutip fakta-fakta yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.
“Kita lihat sekarang, kenyataan pertama Indonesia termasuk dalam negara yang gawat korupsi. Yang kedua Indonesia sekarang termasuk gawat narkoba. Yang ketiga angka perceraian di Indonesia itu cukup tinggi. Dan yang terakhir kekerasan terhadap anak dan perempuan. Ini menunjukkan belum ada korelasi positif antara aktivitas semangat beribadah di kalangan umat Islam dengan dampaknya untuk melahirkan kesalehan sosial,” ungkapnya.
Menutup paparannya, Haedar Nashir menyampaikan implementasi puasa dan seluruh ibadah dalam kehidupan sehari-hari. “Kita harus menjadi uswah hasanah dalam hal keselarasan kata dan tindakan. Yang kedua puasa dan seluruh nilai keislaman kita menjadi kekuatan ilmu yang mencerahkan. Yang terakhir amaliah kita itu harus juga membawa kemajuan,” ujarnya. (*)
Editor Mohammad Nurfatoni