Wow! SDMM Borong Juara Robotik di WIRC 2021, laporan kontributor PWMU.CO Zaki Abdul Wahid.
PWMU.CO – SD Muhammadiyah Manyar (SDMM) memborong tiga gelar juara di ajang Fun Tech Tournament yang digelar Wonderful Indonesia Robotic Challenge (WIRC) di Jatim Park 3, Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu (11/12/2021).
Di ajang tersebut, SDMM mengirim tiga tim. Yaitu Mentari 1 yang beranggota: Muhammad Rafif Aldevaro dan Naufal Agung Alfattah. Mentari 2 dengan anggota Nabil Zulfadhli Aqeel Nugroho dan Rayyan Farizky Setiabudi. Mentari 3 yang beranggota: Raffasya Hanif Anditya dan Aqilla Naufa Adzakyra.
Tim Mentari berhasil memborong gelar setelah berhadapaan dengan tujuh tim peserta lain dari sekolah SD dan SMP.
Perlombaan yang dilangsungkan secara open ini menjadi pengalaman pertama bagi siswa-siswi SDMM dalam perlombaan yang diadakan secara luring.
Maze Solving
Perlombaan open artinya peserta lomba akan berhadapan dengan semua jenjang sekolah mulai SD sampai SMA. “First step hanya diperuntukkan untuk yang belum pernah menjajal Maze Solving,” kata Setyarini Dwi Widyati, Ketua Penyelengara WIRC 2021.
Rini menjelaskan WIRC sering melaksanakan perlombaan dengan kategori Maze Solving. “Kategori ini cukup menarik karena mengedepankan logika jalannya robot di atas garis hitam di lapangan putih,” ujarnya yang menangani perlombaan WIRC sejak tahun 2017.
Tahun ini diberi nama Maze Solving First Step di mana first step dimaksudkan,semua peserta diminta untuk menjalankan tantangan dengan robot dengan jenis yang sama dengan pengalaman pertama dalam perlombaan jenis ini.
“Lapangan Maze solving tersebut berupa garis hitam di atas media putih. Robot diminta untuk melaksanakan soal dan tantangan yang diberikan, tentu setelah memasukkan koding kedalam robot,” lanjut Rini.
Soal yang diberikan tergolong menantang karena semua peserta diwajibkan untuk mengumpulkan poin dan harus mencapai finish dengan waktu sesingkat-singkatnya.
Salah satu peserta Muhammad Rafif Aldevaro mengungkapkan “Waktu yang singkat akan mendapatkan poin yang banyak ,” katanya saat menyusun program dengan laptop.
Baca sambungan di halaman 2: Jalannya Lomba, Seru